Image
oleh sungram

APEL POS PAM LEBARAN 2019

Kategori berita  |   views

Selasa pagi (28/5), Dinas Kesehatan Kab. Mojokerto beserta jajarannya melaksanakan apel siaga pam lebaran. Kegiatan rutin tersebut diikuti oleh perwakilan 27 puskesmas beserta ambulans dan kelengkapan medisnya. Apel dilaksanakan guna persiapan pos pengamanan selama arus mudik lebaran.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Mojokerto, DR. Didik Chusnul Yakin, S.Sos.MSi menyampaikan bahwa moment lebaran sejatinya bukan hanya menjadi perayaan keagamaan melainkan sebagai sebuah tradisi masyarakat. Sehingga sebagai abdi negara yang bertugas melayani masyarakat sudah sepatutnya jajaran kesehatan memberikan pelayanan yang maksimal dan sepenuh hati. Beliau menghimbau agar dalam melayani masyarakat, para tenaga kesehatan selalu mengutamakan 3S (senyum, salam, sapa), bersikap humanis dan tidak arogan, melayani dengan ikhlas dan sepenuh hati sebagai abdi masyarakat, sigap terhadap situasi darurat serta maksimal dalam persiapan sarana prasarana kesehatan baik itu dari segi tenaga kesehatan, obat-obatan, alat medis maupun ambulans. Selain itu, tahun ini Dinas Kesehatan juga bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam menjamin layanan kesehatan bagi perserta maupun non peserta BPJS selama mudik lebaran.

Selama kurang lebih H-7 hingga H+7 lebaran (29/5-13/6), sebanyak270 tenaga medis yang terdiri dari dokter, bidan, perawat dan tenaga analis laboratorium diterjunkan ke pos-pos pengamanan sepanjang jalur mudik lebaran. Para tenaga medis juga disiagakan di 27 puskesmas di wilayah Kab. Mojokerto. Tenaga medis dibagi menjadi tiga shift, pagi, siang dan malam. Setiap shift terdiri dari dokter, bidan dan perawat. Sehingga tim medis siap melayani pemudik selama 24 jam. Disamping itu, dari total 27 puskesmas Kab. Mojokerto, 16 puskesmas rawat inap akan buka selama 24 jam di jalur mudik mulai wilayah Dawarblandong dampai Trawas dan Ngoro.

Dari puluhan pos pengamanan dan pos pelayanan yang tersebar di sepanjang jalur mudik Kab. Mojokerto, titik Gotekan Kec. Pacet dan jalur alternatif Pacet-Cangar Kota Batu menjadi prioritas karena rawan terjadi kecelakaan  akibat rem kendaraan blong khususnya pada momen lebaran. Di wilayah Polres Mojokerto, pos-pos tersebar di Trowulan, Jampirogo, Kenanten, Mertex, Taman Mojosari, Jasem, Gotekan, Air Panas Padusan, Daplang, serta pos pelayanan di jembatan timbang Trowulan dan Pacet.

Para pemudik yang mengalami keluhan kesehatan disarankan agar tak sungkan mampir ke pos-pos tersebut. Para petugas medis akan melayani pemeriksaan secara gratis. Di setiap pos, para pemudik juga dibolehkan beristirahat. Sedangkan bagi pemudik yang membutuhkan rujukan, jajaran Dinas Kesehatan telah menyiapkan 10 rumah sakit yang beroperasi 24 jam terdiri dari 2 rumah sakit pemerintah dan 8 rumah sakit swasta.