Image
oleh sungram

KUNJUNGAN DINKES KAB. MOJOKERTO KE DINKES KAB. SITUBONDO TERKAIT PUSKESMAS BLUD

Kategori berita  |   views

Dalam rangka persiapan UPT Puskesmas se-Kabupaten Mojokerto menuju BLUD (Badan Layanan Umum Daerah), hari Rabu (28/8/19) jajaran Tim BLUD Dinas Kesehatan Kab. Mojokerto beserta 16 Kepala Puskesmas kandidat BLUD didampingi perwakilan Bagian Hukum, Bagian Perekonomian dan Bagian Organisasi Sekda Kab. Mojokerto melaksanakan kaji banding terkait Puskesmas BLUD ke Kab. Situbondo.

Setelah minggu lalu lolos penilaian dokumen secara administratif oleh Tim penilai dari Sekda Kab. Mojokerto, Tim BLUD beserta Tim Puskesmas berharap mendapatkan visi yang lebih jelas mengenai bagaimana mekanisme tahapan menuju BLUD dan setelah BLUD melalui kegiatan kaji banding tersebut. Dinas Kab. Situbondo menjadi pilihan destinasi kaji banding karena merupakan pilot BLUD di Jawa Timur. Dari 3 rumah sakit dan 17 puskesmas, semuanya telah berstatus BLUD sejak 2015.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan sambutan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Situbondo, Drs. Abu Bakar Abdi, Apt.Msi dan Kepala Dinas Kesehatan Kab. Mojokerto, DR. Didik Chusnul Yakin, S.Sos,Msi. Dilanjutkan dengan paparan-paparan terkait mekanisme tahapan BLUD. Selain itu, rombongan kaji banding juga berkunjung ke Puskesmas Panarukan, salah satu puskesmas BLUD yang mempunyai branding di bidang pelayanan kesehatan gigi dan mulut.