Image
oleh

Pertemuan Taman Posyandu

Kategori psmp  |  16 views

Pada hari senin tanggal 24 Agustus 2015 telah diadakan pertemuan dengan tema Taman Posyandu. Pertemuan ini dihadiri oleh kader desa dari 18 Kecamatan yang terbagi dalam 8 kali pertemuan dengan narasumber dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana.

Posyandu adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Sedangkan Taman Posyandu adalah Kegiatan Posyandu yang diintegrasikan dengan program pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) dan Bina Keluarga Balita (BKB). Taman Posyandu dilaksanakan dengan tujuan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak usia emas(0-5 tahun) sehingga menjadi generasi emas yang berkualitas. Posyandu bisa menjadi taman posyandu apabila telah menjadi posyandu purnama mandiri.

Taman Posyandu dapat memberikan pengetahuan kepada ibu tentang perkembangan pertumbuhan anak balitanya. Pemantauan yang dilakukan di dalam taman posyandu antara lain pertumbuhan yang terdiri dari berat badan, tinggi badan. Sedangkan perkembangan meliputi sensorik, motorik, kognitif, komunikas/berbasa, emosi-sosial, dan kemandirian.

Jadi diharapkan dengan adanya taman posyandu ibu mampu memantau perkembangan dan pertumbuhan, membimbing dan memantau anak balitanya dengan asah,asih,asuh sehingga bisa menjadi generasi yang berkualitas.