Image
oleh hren

Studi banding ke Dinas Kesehatan Kota Batu, Malang

Kategori umum  |  3 views

Pada hari Selasa, tanggal 1 September 2015, Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto melaksanakan kegiatan studi banding ke Dinas Kesehatan Kota Batu. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan mendapatkan informasi, pengetahuan tentang Puskesmas yang telah menjadi Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Untuk Kota Batu, dari 5 Puskesmas yang ada, yaitu 3 puskesmas rawat inap dan 2 puskesmas rawat jalan, sejak tahun 2014 telah menjadi KPA. Hal ini dikarenakan pada tahun 2014, Puskesmas telah melaksanakan/menerima dana kapitasi dengan sistem penatausahaan yang menekati BLUD. Untuk itu, puskesmas di Kota Batu telah didorong dan dibentuk menjadi KPA dengan dasar tersebut.

Dari Puskesmas Kota Batu, untuk kegiatan/wewenang yang limpahkan pada Puskesmas hanya untuk dana kapitasi. Sedangkan untuk kegiatan yang ada di bidang tidak dilimpahkan pada Puskesmas. Informasi tersebut sangat membantu bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto untuk menyusun Puskesmas yang ada di Kabupaten Mojokerto untuk menjadi KPA. Harapan ke depan, proses penatausahaan bisa berjalan dengan lancar di Puskesmas, Puskesmas mampu mengelola dana yang dimilikinya dan akan meringankan beban dari Dinas Kesehatan.

Pada kegiatan studi banding tersebut, perwakilan Dinas Kesehatan yang berangkat berjumlah 7 orang yang merupakan perwakilan dari bidang-bidang yang ada. Perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto diterima langsung oleh Sekretaris Dinas Kesehatan, Kasubag Penyusunan Program, Kasubag Umum, Kasubag Keuangan, 5 orang Kepala Puskesmas, Bendahara Kapitasi Puskesmas dan Tenaga Verifikasi yang ada di Dinas Kesehatan Kota Batu.