Image
oleh Ren

Rapat Rutin Kepala Puskesmas

Kategori umum  |  3 views

Rapat koordinasi Kepala Puskesmas dengan bidang-bidang di Dinas Kesehatan pada tanggal 9 September 2015. Dengan agenda menyampaikan materi dan feedback program dari masing-masing bidang. Tujuan dilaksanakan rapat koordinasi ini adalah untuk monitoring pelaksanaan anggaran dan program yang ada di Dinas Kesehatan. Mengingat saat ini sudah bulan September masuk pada tribulan IV untuk percepatan penyerapan anggaran.

Materi yang dibahas antara lain :

1. Pemberlakuan norma kapitasi yang lama, sehingga norma kapitasi yang baru ditunda pelaksanaannya

2. Rencana PAK tahun 2015

3. Ijin Operasional Puskesmas yang seang di proses

4. Target PAD yang harus ditingkatkan

5. Penyampaian materi dari bidang-bidang, yaitu bidang P2PL, Bidang Kesga, Bidang Yankes, Bidang PKM.

 

Penyampaian pertama oleh bidang P2PL terkait dengan akan diaakannya pelatihan tentan penanganan pada penderita HIV-AIDS, dan termasuk penjelasan tentang pengobatan ARV pada pasien. Pelaksanaan pelatihan ini pada bulan Oktober tanggal 19 -24 Oktober. Harapannya peserta mampu menguasai dan mumpuni jika ada pasien HIV-AIDS. Pelatihan dibagi menjadi 2 gelombang. Peserta terdiri dari 27 Puskesmas dan 1 Rumah Sakit RA Basoeni. Karena di Kabupaten Mojokerto yang bisa menangani pasien HIV-AIDS hanya RSUD dr. Soekandar Mojosari. Selain itu juga disampaikan tentang aplikasi SITT, pengisian data pasien TB Paru untuk segera di entry Puskesmas. Materi tentang Calon haji juga disampaikan pada pertemuan tersebut. Disampaikan ada 4 Calon Haji yang masih belum berangkat dikarenakan yang pertama ada yang selesai operasi, masih ada yang belum terima visa, ada yang hamil, dan ada yang sakit sehingga dipulangkan.

 

Penyampaian berikutnya oleh bidang Kesga, yaitu penyampaikan tentang Pemberian Vitamin A yang akan bekerjasama dengan Rumah Sakit, sehingga target pemberian Vit. A dapat terpenuhi. Akan didakan pembinaan terkait PKPR Puskesmas (Pelanyanan Puskesmas Peduli Remaja), yang mana semua Puskesmas akan dilakukan pembinaan tersebut.

 

Bidang Yankes menyampaikan terkait proses pengadaan Puskesmas. Puskesmas diharapkan segera mengusulkan apa saja obat di luar fornas yang akan diusulkan oleh Puskesmas. Proses pengadaan menunggu dok PAK dari Bapak Bupati.

 

Bidang PKM menyampaikan terkait lomba Desa Siaga Aktif yang telah dilaksanakan, dimana juri selain dari pemegang program Dinas Kesehatan, juga dari lintas sektor yaitu Bappeda, Bagian Pemerintahan, dan Bapemas. Disampaikan juga pemenang lomba Desa Siaga Aktif diantaranya :

a. Juara Harapan I      : Desa Kedunggede, Dlanggu

b. Juara Harapan II    : Desa Wiyu, Pacet

c. Juara Harapan III   : Desa Seloliman, Trawas

d. Juara III                    : Desa Tanjangrono, Ngoro

e. Juara II                      : Desa Jabon, Mojoanyar

f. Juara I                        : Desa Mojodadi, Kemlagi

Bagi yang juara akan ada hadian berupa uang untuk dipergunakan pembinaan pada Desa yang juara.