Hepatitis

Pada tanggal 28 Juli kemarin diperingati sebagai hari Hepatitis sedunia. Penyakit Hepatitis merupakan masalah kesehatan yang serius dan global.

 

Apa itu penyakit Hepatitis?

Penyakit hepatitis adalah penyakit peradangan hati yg disebabkan oleh virus. Virus Hepatitis ada 5 jenis yaitu A, B, C, D dan E. Penularan Hepatitis A dapat melalui fecal oral.  Penularan virus penyakit secara fecal-oral artinya yaitu fecal = anus, oral = mulut. Seseorang yang menderita hepatitis A kotorannya (BAB) akan mengandung virus hepatitis A, jika kotoran ini tidak berada/tersebar kemana-mana (BAB) di sungai maka akan beresiko menyebar kemana-mana, inilah yang disebut penyebaran melalui fecal. Sedangkan penularan melalui oral/mulut adalah makan makanan yang mengandung virus hepatitis A. Makanan yang paling sering mengandung virus hepatitis A adalah kerang, seafood, sayur-sayuran yang berasal dari lingkungan kotor atau limbah. Virus hepatitis B ditularkan melalui darah atau produk darah.misalnya penggunaan jarum suntik bersama-sama, atau di antara mitra seksual (baik heteroseksual maupun pria homoseksual). Ibu hamil yang terinfeksi hepatitis B bisa menularkan virus kepada bayi selama proses persalinan. Hepatitis B bisa ditularkan oleh orang sehat yang membawa virus hepatitis B. Hepatitis C juga ditularkan melalui darah. Hepatitis D hanya terjadi sebagai rekan-infeksi dari virus hepatitis B dan virus hepatitis D ini menyebabkan infeksi hepatitis B menjadi lebih berat. Yang memiliki risiko tinggi terhadap virus ini adalah pecandu obat. Hepatitis E penyebarannya melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi virus hepatitis E.(Wikipedia)

 

Seperti apakah cirri-ciri orang yang menderita hepatitis?

Ciri-ciri orang yang menderita sakit hepatitis adalah demam, rasa letih, hilang nafsu makan, rasa mual, sakit perut, air seni berwarna tua, warna kekuningan pada mata dan kulit.

 

Bagaimana cara melakukan pencegahan penyakit hepatitis?

Pencegahan penyakit hepatitis yaitu dengan menjaga kebersihan terhadap diri pribadi dan lingkungan sekitar tempat tinggal merupakan upaya awal yang sangat penting sebagai proses pencegahan lebih dini sebelum terjangkit atau mengalami resiko yang lebih tinggi terhadap serangan penyakit hepatitis. Selalu menjaga kebersihan dengan mengawali langkah yang mudah salah satunya dengan cara membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu. Selain hal tersebut,Hepatitis juga dapat dicegah dengan melakukan vaksin. Pemberian vaksin ini dapat dilakukan di Puskesmas terdekat.