Jenis dan Manfaat Kopi

Macam-Macam Kopi Beserta Manfaatnya

Jika cuaca sedang hujan atau cuacanya lagi dingin apa yang anda lakukan ?mungkin anda akan mencari sesuatu yang bisa menghangatkan tubuh bukan ?nah biasanya dengan makan atau minum yang hangat – hangat dan kebanyakan lebih suka minum secangkir kopi atau teh manis. Kopi selain dapat menghangatkan badan ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Akan tetapi, kopi juga tidak baik jika di konsumsi secara berlebih karena memiliki kandungan kafein. Maka kita harus bijak dalam mengkonsumsinya

 

Jenis – jenis Kopi yaitu :

1.Kopi arabika ,

Berasal dari Brasil. Kopi arabika memiliki banyak varietas, tergantung Negara, iklim, dan tanah, tempat kopi ditanam. Misalnya kopi toraja, mandailing, kolumbia, brasilia, dan lain sebagainya. Antara kopi arabika yang satu dan yang lain punya perbedaan rasa. Berikut  ciri-ciri kopi arabika aromanya wangi sedap mirip percampuran bunga dan buah, hidup di daerah yang sejuk dan dingin, Memiliki rasa asam yang tidak dimiliki oleh kopi jenis robusta, Memiliki bodi atau rasa kental saat disesap di mulut, Rasa kopi arabika lebih mild atau halus,  Kopi arabika juga terkenal pahit.

 

2. Kopi robusta

Ciri-ciri kopi robusta Memiliki rasa yang lebih seperti cokelat, Bau yang dihasilkan khas dan manis, Memiliki tekstur yang lebih kasar dari arabika.

 

3. Kopi Luwak

merupakan kopi khas dari Indonesia. kopi luwak ini diproduksi dengan cara yang unik yaitu melalui bantuan hewan musang, yang biasa disebut dengan luwak. Karena prosesnya yang unik inilah, harga kopi luwak menjadi salah satu kopi dengan harga tertinggi didunia.

 

4. Decaffeinated Coffe (Kopi Dekafeinasi)

yaitu jenis kopi yang telah dihilangkan sebagian besar kadar kafeinnya. Yang membedakan dengan jenis kopi lain adalah terletak pada cara dan proses pembuatannya. Pengurangan kadar kafein pada kopi membuat cita rasa pahit kopi menjadi berkurang.

5.Espresso

6.Coffee Latte

7.Cappucino

8.Kopi Tubruk

Kopi Asli Indonesia yang dibuat dengan memasak biji kopi bersama gula

9.Kopi Jahe

Kopi Asli Indonesia yang dibuat dengan campuran Jahe dengan khasiat menyegarkan dan menghangatkan

10.White Coffee

bahan dasar kopi putih sebenarnya adalah kopi arabika atau robusta. Yang beda hanyalah cara mengolahnya. Jika kopi hitam berasal dari biji kopi yang digongseng hingga biji kopi menjadi gelap dan hitam, sedangkan untuk kopi putih hanya digongseng(roasted) lebih cepat sehingga warnanya tidak segelap kopi hitam.Selain itu, agar warnanya lebih terang, kopi putih juga biasanya diseduh dengan tambahan mentega sehingga rasa dan aromanya berbeda dengan minuman kopi hitam.

 

Manfaat Kopi yaitu:

  1. Mencegah batu ginjal. Hal ini dikarenakan adanya stimulan sehingga bersifat diuretik alami yang dapat mempercepat pembentukan urin.
  2.  Melawan Diabetes

Berdasarkan penelitian di Amerika yaitu American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa kopi dapat menurunkan diabetes tipe-4 menurutnya kandungan zat yang terdapat pada kopi dapat membantu mengatur kadar glukosa dalam darah. Namun perlu di ingat juga bahwa dalam mengkonsumsi kopi jangan terlalu banyak menggunakan gula. Gula yang berlebih akan mengurangi khasiat kopi untuk melawan diabetes

3.Membantu pernafasan

Bagi anda yang sering sesak nafas sebaiknya coba konsumsi kopi setiap harinya sebab kandungan kopi yang disebut kafein telah diteliti dapat memperkuat kerja tonus yaitu otot paru-paru yang membantu pernafasan.

4. Mencegah kanker payudara

Karena kopi dapat melepaskan phytoestrogen dan Flavonoid yaitu merupakan penahan pertumbuhan tumor/kanker.

5. Mengurangi resiko stroke

Dalam beberapa riset yang dilakukan bahwa menggunakan wanita sebagai objek penelitian di finlandia disebutkan bahwa 83 ribu wanita bersuia diatas 24 tahun menyebutkan bahwa dengan meminum 2 sampai 3 cangkir kopi menurunkan resiko stroke yang mereka miliki. Tetapi studi ini tidak berlaku untuk pria menurut beberapa ahli mengatakan bahwa kemungkinan hal ini karena wanita lebih cenderung sensitif dengan kafein

 

Semoga bermanfaat