Kanker Paru

                Kanker paru adalah pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali dalam jaringan paru yang dapat disebabkan oleh sejumlah karsinogen lingkungan, terutama asap rokok. Yang paling berisiko mengalami kanker paru adalah orang-orang yang sering terpapar asap rokok dan sebagian kecil lainnya adalah orang-orang yang bekerja dengan asbes, arsen, kromat, nikel, klorometil eter, gas mustard dan paparan oven arang. Peranan polusi udara sebagai penyebab kanker paru-paru masih belum jelas. Beberapa kasus terjadi karena adanya pemaparan oleh gas radon di rumah tangga. Terkadang kanker paru (terutama adenokarsinoma dan karsinoma sel alveolar) terjadi pada orang yang paru-parunya telah memiliki jaringan parut karena penyakit paru-paru lainnya seperti tuberkulosis dan fibrosis.

Gejala-gejala yang timbul yaitu :

1. Batuk yang terus menerus atau bertambah parah

2. Dahak berdarah, berubah warna dan makin banyak

3. Nafas sesak dan pendek-pendek

4. Sakit Kepala, nyeri, atau retak tulang dengan sebab tidak jelas

5. Kelelahan kronis

6. Kehilangan selera makan atau turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas

7. Suara serak/parau

8. Pembengkakan di wajah atau leher

Bahaya yang terjadi apabila telah terkena kanker paru adalah:

1. Paru-paru akan mengalami kerusakan, seperti pembesaran kantung udara yang menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan nafas

2. Penyebaran ke organ lain sangat cepat karena paru-paru bertugas mengantar oksigen ke organ tubbuh yang penting seperti otak, jantung, hati dan ginjal. Hal ini yang lebih sering menyebabkan kematian bagi penderita kanker paru..

 

Pencegahan lebih baik daripada mengobati jadi mulailah dari sekarang. Selamatkan diri anda dan keluarga anda.

 

#by BPJS Kesehatan