Olahan Alternatif daging Qurban

ALTERNATIF OLAHAN DAGING KURBAN SELAIN “SATE-GULE”

 

Meski Hari Raya Idul Adha sudah kelewat dari beberapa hari lalu, stok daging di kulkas masih adakan? Nah apa saja sih sebenarnya yang bisa dimasak dari bahan utama daging kambing? Agar tak bosan dengan yang itu-itu saja, beberapa resep ini mudah untuk dicoba di dapur Anda:

  1. Perkedel Kentang dan Daging Cincang

Rebus atau kukus kentang hingga empuk kemudian haluskan. Untuk bumbu, haluskan duo bawang, garam, kaldu bubuk, gula, dan lada bubuk secukupnya. Campur kentang dengan daging cincang, daun seledri, daun bawang dan bumbu halus. Setelah tercampur rata, bulatkan adonan lalu pipihkan. Kocok telur di wadah terpisah kemudian gulingkan adonan yang sudah dicetak ke dalam kocokan telur lalu goreng hingga warna kuning keemasan dan matang. Kemudian angkat dan sajikan selagi hangat.

  1. Omelet Daging Sayur

Omelet atau dadar biasanya menggunakan isian daging ayam, namun kali ini Anda bisa menggunakan daging kambing sebagai alternatif. Agar daging tidak bau prengus, lumuri daging dengan parutan nanas selama 5 menit tanpa dicuci terlebih dahulu. Selain mengurangi bau prengus, parutan nanas juga dapat membuat tekstur daging kambing lebih lembut (tidak alot). Setelah dicuci menggunakan air mengalir, rebus daging sampai teksturnya lembut. Kemudian cincang daging dan sayuran seperti buncis dan sawi putih. Dalam wadah, kocok telur bersama sedikit parutan bawang putih. Tambahkan parutan keju jika suka dan masukkan daging serta sayuran yang sudah dicincang. Selanjutnya, dadar meng gunakan Teflon lalu gulung. Omelet daging sayur siap dinikmati bersama nasi hangat atau dicocol saos sambal.

  1. Sate Goreng Kambing

Jika biasanya sate kambing dibakar diatas arang atau teflon, kali ini Anda dapat mengolahnya dengan cara digoreng. Caranya cukup mudah. Potong daging kotak-kotak, cuci dengan air mengalir, lalu rendam kedalam parutan nanas selama 5 menit. Sambil menunggu, haluskan bawang putih, ketumbar, kemiri sangria dan daun jeruk kemudian campur dengan gula merah, air asam jawa, dan kecap. Kemudian angkat potongan daging dan lumuri dengan bumbu halus. Selanjutnya, tumis duo bawang, cabe rawit dan tomat hijau. Anda bisa menumis dengan minyak sayur atau margarin. Masukkan daging berbumbu, aduk rata sampai berubah warna, kemudian tambahkan kecap dan aduk kembali. Tuang air sedikit demi sedikit lalu masukkan lada dan garam secukupnya. Koreksi rasa dan aduk hingga bumbu meresap. Voila! Sate goreng kambing siap disajikan bersama nasi hangat.

Simpel bukan? Selamat mencoba di dapur dan semoga keluarga di rumah suka. (berbagai sumber)