PUASA TERNYATA BIKIN KULIT CANTIK

Puasa di bulan ramadhan memang menjadi kewajiban bagi umat islam. Puasa dilaksanakan dengan cara menahan lapar dan haus selama sehari penuh dari subuh sampai maghrib. Meskipun tidak makan dan minum seharian namun puasa ini tidak berbahaya bagi kesehatan bahkan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, puasa juga bermanfaat bagi kecantikan kulit. Puasa adalah cara tubuh mengganti sel-sel kulit mati dan rusak dengan lebih mudah sehingga segera diganti dengan sel baru yang lebih sehat. Sehingga puasa membuat kulit menjadi lebih terawat, menghindarkan  jerawat, keriput, komedo dan permasalahan kulit lainnya.

Kecantikan dan kesehatan kulit wajah dinilai penting untuk penampilan. Meskipun ada yang bilang bahwa kecantikan hati lebih baik dari kecantikan kulit wajah, namun kecantikan kulit wajah juga tidak bisa diabaikan begitu saja. Dengan melakukan puasa sesuai dengan perintah agama tentu akan membuat hati menjadi lebih bersih sedangkan puasa juga membuat kulit menjadi lebih cantik dan sehat. Jadi, berpuasa dapat menjaga kecantikan hati dan kecantikan kulit secara sekaligus.

Apa saja manfaat puasa untuk kulit? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari puasa untuk kulit yang perlu anda ketahui supaya anda tidak ragu saat menjalankan puasa.

Menggantikan sel tubuh

Mungkin anda merasa bahwa saat anda puasa kulit anda akan terasa kusam dan kering namun anda tidak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan saat  puasa tubuh mengganti sel-sel tubuh lebih cepat dari biasanya. Bukan hanya sel kulit saja yang diperbaharui namun juga sel tubuh lainnya. Jangan lupa untuk makan sahur dan buka dengan makanan yang bergizi tinggi supaya proses regenerasi sel kulit ini menjadi lebih cepat dan sehat.

Membersihkan kulit

Manfaat lainnya dari puasa adalah mampu mendetoksifikasi tubuh. Detoksifikasi adalah proses pembersihan diri dari berbagai racun dalam tubuh. Proses detoksifikasi ini akan sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit karena akan membuat kulit lebih tampak bersih, segar, kenyal dan lebih cerah. Jadi jika anda melakukan puasa rutin maka anda akan mendapatkan hasil yang sepadan pada kesehatan.

Mengatasi jerawat

Tahukah anda bahwa dengan puasa juga bisa membantu mengatasi jerawat? Bagaimana cara kerjanya? Hal ini tentu saja tidak terlepas dari proses detoksifikasi tubuh saat puasa. Jerawat merupakan hasil dari bakteri dan racun yang ada di dalam tubuh sehingga dengan melakukan puasa, jerawat dapat mudah hilang lebih cepat. Nah, bagi anda yang ingin mendapatkan wajah bersih tanpa jerawat maka jangan sungkan untuk puasa ya.

Mencegah iritasi kulit

Sebuah penelitian yang dilakukan dengan menghubungkan antara kesehatan kulit dan puasa mendapatkan hasil yang sangat menakjubkan dimana ternyata kontak antara kulit dengan zat berbahaya bagi tubuh dan kulit bisa diminimalisir dengan puasa. Jadi jika ada kontak antara kulit dan zat berbahaya dalam tubuh maka akan segera sembuh dalam waktu kurang dari 48 jam saat tubuh berpuasa.

Mengatasi gatal

Penelitian juga telah membuktikan manfaat puasa untuk kesehatan kulit yang baik yaitu mampu mengatasi rasa gatal. Puasa mampu mencegah terjadinya salah satu jenis gatal yaitu urtikaria kronis dimana gatal ini bisa berlangsung lama dan bisa memunculkan ruam merah pada bagian kulit tertentu yang memiliki kelainan pada jenis kulitnya. Penelitian juga dilakukan dengan melakukan puasa selama 28 hari dan hasilnya adalah kulit menjadi rentan terhadap rasa gatal akibat adanya zat tertentu di dalam tubuh. Jadi bagi anda yang masih enggan melakukan puasa tentu saja dengan fakta ini sudah tidak malas lagi bukan?

Selain untuk kesehatan kulit manfaat puasa juga baik untuk kecantikan ya. Kecantikan memang sangat penting bagi wanita dan harus tetap dijaga. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari puasa untuk kecantikan.

Menjaga berat badan

Manfaat puasa untuk kecantikan salah satunya adalah menjaga berat badan. Berat badan bisa dikontrol dengan baik dengan menggunakan cara puasa. Ya puasa memang bisa mengendalikan berat badan karena saat puasa tidak ada asupan makanan dan minuman sehingga tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi. Hal tersebut tentu saja akan mengoptimalkan pembakaran lemak lebih besar dibandingkan biasanya.

Memperbaiki rambut dan kuku

Rambut dan kuku merupakan salah satu tanda dari kecantikan seorang wanita dan harus selalu dijaga kesehatan serta kebersihannya. Pada awal puasa memang rambut dan kuku akan terlihat lebih kusam dan kering namun jika melakukan puasa secara rutin justru akan membuat rambut dan kuku menjadi lebih sehat dan indah. Hal ini disebabkan karena adanya regenerasi sel baru dalam tubuh yang akan membuat sel rambut dan kuku menjadi baru.

Membersihkan mata

Manfaat lainnya yang akan anda dapatkan saat puasa adalah mendapatkan mata yang indah dan lebih tajam. Saat puasa, kotoran yang ada di dalam mata akan dikeluarkan secara maksimal. Proses detoksifikasi kotoran pada mata ini akan membuat penglihatan menjadi tajam sehingga mata anda akan lebih berkilau dan indah. Jadi anda sudah tidak mau lagi melewatkan puasa bukan?

Demikian manfaat puasa untuk kulit. Bagi anda yang kurang bisa melakukan puasa karena lemas atau bisa menjadi sakit kepala, anemia serta kondisi kesehatan lainnya anda bisa mencegahnya dengan makan sahur dan buka dengan makanan yang bergizi tinggi. Bagi orang dengan beberapa kondisi kesehatan tertentu mungkin akan membuat penyakit seperti misalnya penyakit maag kronis, kanker tertentu dan lainnya kambuh. Jika terjadi masalah pada kesehatan anda maka sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter perihal anda akan melakukan puasa atau tidak.

Selamat menunaikan ibadah puasa...