Tips Mengurangi Bau Prengus pada Daging Kambing

Merayakan Hari Raya Idul Adha, tak afdhol rasanya kalau tidak menghidangkan santapan-santapan lezat hasil olahan daging qurban, baik itu daging sapi maupun daging kambing. Namun, seringkali jadwal mengolah daging kambing menjadi tertunda-tunda lantaran malas menghadapi bau prengus yang bandel dan susah dihilangkan. Agar mengolah daging kambing menjadi menyenangkan, berikut tips mengolah daging kambing agar bebas bau dan empuk saat disantap yang patut dicoba.

*Menghilangkan lemak daging

Lapisan lemak yang menempel pada daging menjadi salah satu penyebab munculnya bau prengus pada daging kambing. Biasanya lemak berwarna putih dan menempel pada daging. Iris dan buang lemak kambing sebelum diolah. Namun tak perlu membuat daging benar-benar bebas dari lemak karena dapat mengurangi rasa gurih pada olahan daging. Paling tidak, mengurangi lemak akan mengurangi bau prengus.

*Jangan mencuci daging

Pada umumnya, daging dicucui sebelum dimasak. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk daging kambing yang akan dimasak karena justru dapat mempertajam bau amis dan membuat daging berisiko semakin alot. Jadi, sebaiknya daging langsung dimasak atau direbus. Satu tips lagi, sebaiknya mulai rebus dengan air bersuhu ruang, bukan air mendidih.

*Gunakan jeruk nipis

Jika daging terlanjur dicuci, penggunaan jeruk nipis dapat menjadi solusi. Jeruk nipis bisa mengurangi bau amis karena bisa membunuh bakteri. Caranya dengan membalurkan perasan jeruk nipis pada daging lalu diamkan sekitar setengah jam.

*Gunakan garam

Selain jeruk nipis, garam juga bisa digunakan untuk membantu mengurangi bau amis. Anda cukup membaluri daging dengan garam lalu diamkan sekitar satu jam. 

*Rebus bersama rempah

Bau prengus juga dapat dihilangkan dengan menambahkan rempah seperti daun jahe, serai atau kemangi pada air rebusan. Rempah-rempah ini dapat mengeluarkan aroma wangi yang mampu mengurangi bau amis daging.

Rempah lainnya yang bisa dipakai untuk menghilangkan prengus adalah ketumbar. Daging kambing direndam dengan ketumbar dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Cara ini akan menghilangkan aroma tidak sedap sekaligus membuat rasa lebih nikmat. 
Selain ketumbar, kunyit juga bisa dimanfaatkan. Namun gunakan kunyit jika Anda ingin mengolah daging kambing menjadi gulai. Pasalnya, kunyit akan meninggalkan warna kekuningan dan rasa yang khas. Caranya, campur daging kambing dengan campuran bumbu yang mengandung kunyit beberapa saat sebelum dimasak. Bisa juga direndam dalam larutan air asam jawa, lalu di cuci sebentar sebelum dimasak.

*Daging dimasak dengan nanas atau mentimun

Selain digunakan sebagai bahan pengempuk daging, aroma yang kuat dari buah nanas dapat mengatasi bau amis pada daging. Caranya yaitu dengan mencampurkan daging kambing ke dalam buah nanas yang sudah diparut, remas perlahan lalu diamkan beberapa saat. Selain nanas, Anda juga bisa menggunakan mentimun. Caranya hampir sama seperti buah nanas. Getah pada mentimum disebut bisa meminimalisir bau prengus pada daging kambing. Perasaan jeruk nipis atau jeruk limau juga disebut dapat menghilangkan bau prengus pada daging kambing. 

Nah, mudah bukan? Selamat memasak...!