Tips Puasa Sehat

Kita telah menjalani puasa Ramadhan selama 8 hari terhitung sejak hari Kamis tanggal 18 Juni 2015 yang lalu.  Ketika berpuasa, kita tidak makan dan minum selama hampir 13 jam tiap harinya. Selama puasa, tubuh akan menjadi lemas,lapar dan mudah mengantuk. Mengantuk terjadi karena tidak adanya asupan(makanan/minuman) yang masuk ke dalam tubuh sehingga terjadi penurunan kadar gula dalam darah. Meski berpuasa, kita harus tetap beraktifitas seperti biasanya. Bagaimana caranya agar puasa kita terjaga dan tubuh tetap segar meski kita beraktivitas?

Berikut tips cara agar puasa kita tetap lancar yaitu :

1. Makan Sahur.

Ketika makan sahur hindari makanan manis karena makanan manis merupakan penghasil energi yang cepat dicerna. Hindari juga “fast food”, gorengan dan makanan pedas.

Mengkonsumsi makanan yg mengandung protein baik hewani maupun nabati,misalnya ikan, daging, telur,tempe, tahu,dsb. Selain itu juga konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan karena relatif membutuhkan waktu lama untuk dicerna sehingga merasa kenyang lebih lama.

2.Saat berpuasa

Istirahat sejenak untuk menyegarkan tubuh dan melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki.

3. Waktu berbuka

Segerakan berbuka dengan yang manis-manis seperti kurma, madu dsb. Makanan manis dapat cepat mengembalikan energi yang hilang sehingga tubuh bisa segera segar.

Demikian tips agar tetap segar meski menjalankan ibadah puasa.

Semoga bermanfaat dan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa.