DINAS KESEHATAN KAB. MOJOKERTO SIAGA CEGAH COVID-19

Sebagai salah satu bentuk pencegahan penyebaran COVID-19 atau Virus Corona di lingkungan Kabupaten Mojokerto, khususnya di lingkungan kerja Dinas Kesehatan, Hari ini (18/03/2020) Kepala Dinas Kesehatan, dr. Sujatmiko, MM, M.M.R, memimpin Apel Siaga COVID-19 diikuti segenap karyawan Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto.

Dalam Apel Siaga tersebut, beliau menghimbau seluruh karyawan Dinas Kesehatan untuk siaga mulai dari diri sendiri. Baik di tempat kerja, tempat umum maupun tempat tinggal pribadi. Sebagai bagian dari Dinas Kesehatan, semua karyawan berkewajiban menjadi motivator masyarakat untuk selalu melakukan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dengan minimal mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, mendahulukan mandi usai aktivitas di luar rumah sebelum bersentuhan dengan anggota keluarga, serta menanamkan kepedulian terhadap lingkungan agar terhindar dari COVID-19. Karena COVID-19 tidak hanya menyerang tubuh yang sakit, bahkan tubuh yang sehat pun berpotensi menularkan virus atau bersifat carrier.

Di samping itu, Dinas Kesehatan juga mendirikan Posko Siaga COVID-19 beserta Tim Siaga yang bertugas mendistribusikan masker, handsanitizer, dan cairan disinfektan kepada OPD Se-Kabupaten Mojokerto. Penyemprotan cairan disinfektan juga dilaksanakan oleh petugas UPT Puskesmas di tempat-tempat umum seperti tempat ibadah, balai desa dan kantor kecamatan setempat.

Di lingkungan OPD Pelayanan seperti Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) juga tersedia posko siaga selama 14 hari ke depan. Petugas melakukan skrining atau pemeriksaan suhu tubuh pada pengunjung Dispendukcapil, jika ditemukan pengunjung yang suhu tubuhnya 37,5 derajat Celcius maka akan dilakukan pendataan. Sedangkan untuk pengunjung yang sedang batuk pilek akan diberikan masker. Hal tersebut perlu dilakukan mengingat Dispendukcapil setiap harinya dipenuhi dengan pengunjung dari berbagai wilayah tempat tinggal.

Petugas jaga hari ini adalah UPT Puskesmas Puri. Besok dan seterusnya hingga Selasa (31/03/20) berturut-turut adalah UPT Puskesmas Dlanggu, UPT Puskesmas Pesanggrahan, UPT Puskesmas Gondang, UPT Puskesmas Trowulan, UPT Puskesmas Jatirejo, UPT Puskesmas Jetis, UPT Puskesmas Kupang, UPT Puskesmas Kedungsari, UPT PuskesmasKemlagi, UPT Puskesmas Lespadangan, UPT Puskesmas Gayaman, UPT Puskesmas Sooko dan UPT Puskesmas Bangsal.