Gerakan Bersama Eliminasi TBC 2020

Rabu (29/01/2020), Kepala Dinas Kesehatan Kab. Mojokerto, dr. Sujatmiko, MM, M.M.R, mewakili Bupati Mojokerto menghadiri acara GERAKAN BERSAMA MENUJU ELIMINASI TBC 2030 oleh Presiden RI Joko Widodo di Cimahi Techno Park Kota Cimahi Jawa Barat. Dengan gerakan ini diharapkan semua elemen khususnya para gubernur, bupati maupun walikota menyusun rencana strategis dan rencana aksi dalam mendukung rangka gerakan dimaksud.

Dalam kesempatan tersebut, Beliau melaporkan bahwa jumlah penderita TBC yang ditemukan dan sudah diobati tahun 2019 di Kab. Mojokerto sejumlah 1517 orang atau sekitar 0,12 % dari jumlah penduduk di Kab. Mojokerto. Sehingga perlu adanya sinergitas semua unsur masyarakat terutama antar OPD dalam mengeliminasi TBC di Kab. Mojokerto. Karena tidak hanya Dinas Kesehatan saja yang bertanggung jawab tetapi dinas teknis lainnya khususnya berkenaan dengan kesehatan lingkungan.

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Mojokerto juga menjelaskan bahwa mengeliminasi TBC tahapan awal yang dilakukan adalah justru mengeliminasi tingkat kekumuhan yang bersinergi dengan pengobatan. Selain itu mengefektifkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan menemukan secara dini penduduk yang mengidap TBC serta segera melakukan pengobatan guna memutus tali penularan merupakan kegiatan yang sangat diharapkan.

Disamping itu, mengingat luasnya cakupan pelayanan kesehatan di wilayah Kab. Mojokerto, pendekatan kewilayahan juga penting sehingga peran para camat dan kepala desa/lurah serta puskesmas sangat diharapkan. Semua itu dilakukan dalam rangka mempercepat eliminasi TBC di Kab. Mojokerto khususnya dan mendukung gerakan bersama menuju eliminasi TBC 2030 secara nasional.


Salam TOSS TBC.... Temukan TBC Obati Sampai Sembuh!