KADINKES DAMPINGI BUPATI TINJAU PERKEMBANGAN KASUS DBD AKTIF DI RSI SAKINAH

Senin (7/2/2022) siang, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Ulum Rokhmat Rokhmawan, MH dan Direktur RSI Sakinah mendampingi Bupati Ikfina Fahmawati melakukan peninjauan perkembangan pasien kasus Demam Berdarah Dangue (DBD) aktif di Kabupaten Mojokerto. 

Menurut keterangan Medical Service Manager RSI Sakinah, dr. Roisul Umam, kasus DBD aktif per 7 Februari 2022 berjumlah 31 pasien, dengan total 12 yang dirawat dan 18 sudah keluar rumah sakit (KRS). Beliau menjelaskan bahwa kasus DBD ini rata-rata dialami anak-anak dengan usia 1- 12 tahun. Gejala awal terjangkit DBD, diantaranya demam tinggi hingga trombosit turun. Untuk itu, penanganannya sendiri menggunakan pemeriksaan Nonstruktural 1 (NS1) sebagai deteksi dini terhadap penyakit demam berdarah dengue ini. Saat ini, kecepatan penanganan pada anak, di berbagai rumah sakit sudah terbantu dengan Venaviewer untuk memudahkan deteksi pembuluh darah saat pemasangan infus pada anak. 

Bupati Ikfina menghimbau agar pihak Rumah Sakit selalu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dalam pelaporan kasus DBD aktif serta menjamin pelayanan Kesehatan masyarakat melalui BPJS Kesehatan sebab pasien DBD memerlukan perawatan yang khusus.