Pertemuan Akreditasi Puskesmas

Kamis, 20 Mei 2015 telah dilaksanakan pertemuan Persiapan Akreditasi Puskesmas, yang dihadiri narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan diikuti 3 Puskesmas yang akan melaksanakan akreditasi pada tahun ini, yaitu Puskesmas Bangsal, Puskesmas Jetis dan Puskesmas Kutorejo.

Yang dimaksud dengan akreditasi adalah Pengakuan terhadap Puskesmas, klinik pratama, praktik dokter dan praktik dokter gigi yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri setelah dinilai bahwa fasilitas kesehatan tingkat pertama itu memenuhi standar pelayanan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang telah ditetapkan untuk meningkatkan mutu pelayanan secara berkesinambungan.

Akreditasi ditujukan untuk peningkatan mutu pelayanan kesehatan dasar. Akreditasi dilakukan minimal 3 tahun sekali. Selain itu juga sebagai syarat recredensialing FKTP untuk BPJS.

Sasaran akreditasi Puskesmas sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yaitu penyelenggaraan pelayanan Puskesmas, UKM yang berorientasi sasaran, layanan klinis yang berorientasi pasien, peningkatan mutu puskesmas, klinis, dan keselamatan pasien.

Proses akreditasi Puskesmas adalah penetapan Puskesmas siap akreditasi, Workshop teknis, TOT Pendampingan atau surveyor, magang, Bimtek oleh komisi, survey sehingga terciptalah FKTP yang terakreditasi untuk peningkatan mutu pelayanan di Puskesmas.