PONDOK SEHAT TERPUSAT, ISOTER UNTUK PASIEN COVID-19 YANG OTG

Setelah sebelumnya meresmikan Tim TRC Dinas Kesehatan Kab. Mojokerto, berikutnya Bupati Ikfina bersama Satgas COVID-19 Kabupaten Mojokerto menyiapkan Tempat Isolasi Terpusat (Isoter).

Tim Reaksi Cepat (TRC) COVID-19 Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto bertugas untuk melayani berbagai kebutuhan masyarakat terkait Corona dengan cara cepat dan mudah. Yakni cukup telepon ke call center 08975556888 dan 081231280707. Tim TRC Dinas Kesehatan akan membantu masyarakat berkoordinasi dengan Puskesmas-Puskesmas isolasi dan rumah isolasi milik desa. Sehingga saat rumah sakit penuh, Puskesmas bisa memberi perawatan sesuai kemampuan masing-masing.

Senin, 23 Agustus 2021, Tempat Isolasi Terpusat (Isoter) “Pondok Sehat Terpusat” resmi ditempatkan di gedung diklat di Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto dengan kapasitas 202 tempat tidur (TT). Rencananya, semua pasien OTG dari RS dan Puskesmas akan diisolasi di gedung isoter dan tempat isolasi yang disediakan di masing-masing kantor desa.

Dengan adanya Pondok Sehat Terpusat, Pemkab berharap bisa mengurangi beban rumah sakit dan puskesmas. Sehingga tidak ada lagi rumah sakit yang menolak pasien dengan alasan tempat perawatan penuh. Terlebih lagi pasien COVID-19 dengan kondisi kritis. Puskesmas juga dikhususkan untuk pasien bergejala. Pasien-pasien yang sudah membaik akan digeser (dari rumah sakit) ke Puskesmas. Sehingga rumah sakit bisa menerima pasien yang lebih membutuhkan penanganan.

Saat ini, Kabupaten Mojokerto mempunyai 13 bed ICU. Di RSUD Prof dr Soekandar 6 bed, RSI Sakinah 3 bed, RS Mawaddah Medika 2 bed dan di RS Sido Waras 2 bed. Sedangkan ruangan isolasi mencapai 346 bed. Masing-masi tersebar di di RSUD Prof dr Soekandar, RSI Sakinah, RS Mawaddah Medika, RS Sumberglagah, RSUD RA Basoeni, RS Sido Waras, serta di Puskesmas Dawarblandong, Puskesmas Kupang, Puskesmas Puri, Puskesmas Gondang dan Puskesmas Gayaman.