Rakor Program Prioritas Bidang Kesehatan Prov. Jawa Timur tahun 2022 "Tantangan Pelayanan Kesehatan di Jatim" dan launching bulan imunisasi anak nasional (BIAN) Oleh Wakil Gubernur Jawa Timur

Rakor Program Prioritas Bidang Kesehatan Prov. Jawa Timur tahun 2022 dengan tema "Tantangan Pelayanan Kesehatan di Jatim" digelar di Hotel Mercure Grand Mirama pada Selasa, 2 Agustus 2022. Acara yang dibarengi giat Launching Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Oleh Wakil Gubernur Jawa Timur.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Dr. Erwin Astha Triyono, dr. Sp PD, KPTI, menyampaikan bahwa kesiapan pelaksanaan BIAN atau pemberian imunisasi tambahan Campak-Rubela serta melengkapi dosis Imunisasi Polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat di Jawa Timur. Jumlah sasaran imunisasi tambahan campak-rubela usia 9 Bulan - 59 bulan sejumlah 2,399.159 anak. Persiapan BIAN sudah dilakukan sejak bulan Juni H-6 minggu sampai bulan Juli atau h-2 Minggu sebelum bulan BIAN (Agustus). Hasil yang didapat kesiapan provinsi Jawa Timur.

Sebanyak 88,6 %. Sedangkan, kesiapan di daerah sudah 100% dengan hasil 37 atau 39 daerah persiapan sudah diatas 75%. Untuk persiapan puskesmas terisi 942 dari 970 jadi persiapannya sudah mencapai 97,11%. Untuk itu, suksesnya pelaksanaan BIAN di Jawa Timur perlu dukungan dari Wali Kota/Bupati di Jawa Timur dan stakeholder terkait.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak menjelaskan bahwa dengan pencanangan bulan imunisasi dapat membangun psikologi yang sifatnya gebrakan, terkoordinir, terstruktur dan masif. Beliau menghimbau semua elemen Kesehatan untuk bergerak fokus dibulan Agustus supaya capaian bisa dilaksanakan di PAUD, TK, Posyandu, Poskesdes dan puskesmas pembantu secara masif.

Dalam acara yang juga dihadiri Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur, Kepala Perwakilan UNICEF Jawa Timur, Direktur RSUD dr. Soetomo, Direktur Rumah Sakit Haji Surabaya, Bupati / Wali Kota se-Jawa Timur Ka. Dinkes Se-Jawa Timur, Direktur RSUD Se- Jawa Timur, Ormas, dan Pokja Bian se-Jawa timur tersebut, Bupati Mojokerto Ikfina menerima pemberian Piagam Penghargaan Sebagai Kabupaten/kota Berpredikat Baik Dalam Kinerja Pencapaian Imunisasi Rutin Lengkap (IRL) bulan periode Januari - Mei 2022 bersama 7 daerah  Kabupaten/Kota di Jatim  Oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, yaitu, Kab. Gresik, Kab.Lamongan, Kab. Sidoarjo, Kab. Banyuwangi, Kab. Jombang, Kab. Bojonegoro, Kota Surabaya, Kab. Mojokerto.