VAKSINASI COVID-19 UNTUK TENAGA KESEHATAN DI WILAYAH KERJA DINAS KESEHATAN KAB. MOJOKERTO

Senin (25/01/2021), vaksin Sinovac Biofarma tiba di Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto. Vaksin kemudian didistribusikan ke Puskesmas, Rumah Sakit, dan fasilitas kesehatan lainnya untuk diberikan pada Tenaga Kesehatan yang sudah terdaftar sebagai penerima vaksin.

Pemberian vaksin secara serentak dijadwalkan pada 28 – 29 Januari 2021 untuk tenaga Kesehatan di Puskesmas. Secara bergantian, calon penerima vaksi Covid-19 datang menuju Meja 1 untuk menunjukkan e-ticket dan akan diverifikasi oleh petugas menggunakan aplikasi Pcare. Selanjutnya, peserta menuju Meja 2 untuk mendapatkan skrining. Petugas akan melakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi kondisi penyerta (komorbid) menggunakan aplikasi Pcare. Peserta yang dinyatakan layak divaksinasi akan mendapat penjelasan oleh tenaga medis tentang tata cara vaksinasi.

Di Meja 3, petugas memberikan vaksin secara intra muscular sesuai prinsip penyuntikan yang aman. Kemudian petugas memasukkan nama vaksin dan nomor batch vaksin yang diberikan pada peserta di aplikasi Pcare. Di Meja 4, petugas mencatat hasil pelayanan vaksinasi ke dalam aplikasi Pcare. Peserta yang telah disuntik vaksin diobservasi selama 30 menit untuk memonitor kemungkinan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) dan diberikan penyuluhan tentang 3M dan vaksinasi Covid-19. Usai observasi, peserta mendapatkan kartu vaksinasi elektronik.