Image
oleh sungram

KUNJUNGAN TIM KOVABLIK JATIM 2019

Kategori berita  |   views

Sebagai bentuk tindak lanjut presentasi TOP 45 Finalis Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 (KOVABLIK JATIM 2019) yang telah diselenggarakan pada tanggal 3-5 September 2019 di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, selanjutnya Tim Juri melakukan kunjungan lapangan ke beberapa unit inovasi guna memperoleh data empiris yang mendeskripsikan kesesuaian antara materi inovasi yang dipresentasikan dengan keadaan di lapangan.

Pada Senin, 23 September 2019, Tim Penilai melakukan kunjungan lapangan untuk inovasi "NENCI" (Nenek Cantik Pejuang ASI) di UPT Puskesmas Gayaman Kabupaten Mojokerto. Pembukaan dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto beserta jajarannya, Camat Mojoanyar, Kepala Desa Gayaman, Kepala UPT Puskesmas Gayaman dan lintas sektor setempat.

Acara diawali dengan sambutan Kepala Dinas Kesehatan, sambutan Asisten Pemerintahan dan Kesra, dilanjutkan dengan paparan Inovasi NENCI oleh Kepala UPT Puskesmas Gayaman. Kemudian Tim Penilai melanjutkan kunjungan lapangan ke Desa Wunut Kecamatan Mojoanyar. Di Balai Desa Wunut, para NENCI menyambut kedatangan Tim Penilai dengan antusias.

Setelah kompak menyerukan yel-yel ASI Eksklusif, para NENCI yang terdiri dari nenek/orangtua usia 40-60 tahun tersebut dengan fasih dan percaya diri menjawab berbagai pertanyaan Tim Juri seputar pengetahuan kesehatan yang mereka tahu tentang ASI eksklusif, motivasi serta pengalaman mereka menjadi NENCI. Selain pengetahuan tentang ASI eksklusif, para NENCI juga dibekali dengan pengetahuan tentang bagaimana pola asuh yang baik, serta pengetahuan MPASI dan baby massage. Sehingga setelah bayi yang didampingi NENCI lulus ASI Eksklusif, NENCI bukannya pensiun melainkan tetap mendampingi dalam pemberian ASI dengan tambahan MPASI, perawatan bayi sampai balita, serta mengingatkan ibu untuk datang ke Posyandu secara rutin dan memeriksakan kesehatan anak ke Puskesmas. Usai kunjungan di Balai Desa Wunut, Tim Penilai mendatangi rumah salah satu warga yang ibu dan bayinya didampingi NENCI untuk mengkonfirmasi kesesuaian materi inovasi NENCI yang telah terlebih dahulu dipaparkan dengan kondisi sesungguhnya di lapangan.